Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala -- Kalsel --

BIDANG SEKOLAH MENENGAH DISDIK BARITO KUALA

MIMBAR KABID SEKMEN
Petuah Awal Tahun
As.Wr.Wb
Mengawali tahun 2009 melalui Mimbar Kabidsekmen tentunya semua kita berharap agar di dalam hari-hari menapakinya, segalanya kian bertambah baik dibanding tahun-tahun kemarin.
Kami segenap punggawa dan para abdi dalem yang menggawangi tupoksi di Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berharap pula kepada segenap kawan-kawan pengabdi ---pekerja--- pendidikan di setiap jenjang satuan pendidikan, mari kita bersama-sama untuk terus berupaya memajukan pendidikan di tempat kita tercinta ini semaksimal kemampuan yang ada pada kita dan dijiwai dengan semangat nurani yang tulus dan ikhlas sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan kita selaku khalifah fiil ardh.
Sudah saatnya kita tinggalkan dan tanggalkan segala macam bentuk ketidakbagusan laku perbuatan kita di tahun-tahun terdahulu. Kita sonsong tahun 2009 dengan semangat yang tinggi disertai tindakan nyata, sembari mengharap ridha Allah SWT, sang khaliq yang maha kasih dan sayang dengan hambanya.
Mari kita berbuat dan bekerja dengan 'nawaitu lillahi ta'ala' semata, agar berkesesuaian dengan maksud firmannya, "Wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun". Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali semata-mata untuk beribadah kepada-Ku.
Artinya adalah bahwa segenap aktivitas keseharian kita pada hakekatnya hanya melaksanakan ibadah kepada Allah. Ibadah jangan hanya dipandang dari sudut "Ibadah Sadar" yang tertentu waktunya dan hitungannya sebagimana shalat, puasa, zakat, haji, qurban, tetapi juga kita bangkitkan energi "Ibadah Bawah Sadar" kita semisal membuang duri di jalan dapat saja ibadah apalagi mengajar dan belajar, asalkan diniatkan karena Allah maka jadilah perbuatan kita itu dinamai ibadah.
Perbaharui tekad dan niat hati kita, lurus dan tulus karena Allah, agar apa saja yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dihadapan Allah, dan disenangi para penduduk langit.
Wassalam.

Jumat, 06 Maret 2009

UNTUK BAHAN RENUNGAN BUAT PELAJAR KITA

Pernahkah kamu merenungkan atau memikirkan betapa ayahmu, ibumu, bersusah payah megupayakan biaya untuk sekolah kamu. Apakah itu untuk keperluan buku-buku pelajaran buat kamu, beli pakaian seragam sekolah buat kamu, bekerja banting tulang buat kasih uang jajan ke kamu, dan banyak lagi untuk kamu yang lainnya. Jadi ...............................

Segala macam yang diupayakan orang tuamu itu tentu dengan niat dan harapan agar kamu dikemudian hari bisa bermanfaat dan berguna bagi keluargamu, masyarakatmu, agamamu, dan negaramu.

Tidak pernah ada orang tua yang bersusah payah banting tulang guna biaya untuk membesarkan kamu, menyekolahkan kamu dengan niat supaya kamu kelak jadi jambret misalnya, jadi gelandangan misalnya, jadi pengangguran misalnya, jadi preman misalnya, jadi pecandu narkoba misalnya, dan banyak lagi jadi-jadian yang lainnya. Jelas tidak pernah ada orang tua yang berniat seperti itu di muka bumi.

Dan sekiranya dikemudian hari terbukti memang benar kamu seperti itu, alangkah kecewanya ibu dan bapakmu. Menangis hati kecil mereka. Pengorbanan mereka membesarkan kamu, menyekolahkan kamu, menyayangi kamu menjadi sia-sia.

Jerih payah mereka berkebun, berladang, bertani, di bawah terik panas matahari, dan kadang di bawah guyuran hujan lebat di sawah demi anak kesayangan mereka ternyata gagal membuahkan hasil sebagaimana yang mereka harapkan dari kamu. Betapa sesungguhnya perasaan pedih, pilu, nestapa, hati kedua orang tuamu melihat kamu tidak sebagaimana yang mereka idam-idamkan.

Mari pelajar semua, renungkan, pikirkan, dan selami perasaan dan harapan orang tuamu ke kamu. Wujudkan mimpi mereka, bahagiakan hati mereka dengan giat belajar, rajin bersekolah, berbakti kepada mereka mumpung mereka masih dipanjangkan umur untuk menyaksikan kesuksesan kamu yang dikasihi dan disayangi mereka. Jangan lukai hati dan perasaan mereka. Amiiiiiin.