Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala -- Kalsel --

BIDANG SEKOLAH MENENGAH DISDIK BARITO KUALA

MIMBAR KABID SEKMEN
Petuah Awal Tahun
As.Wr.Wb
Mengawali tahun 2009 melalui Mimbar Kabidsekmen tentunya semua kita berharap agar di dalam hari-hari menapakinya, segalanya kian bertambah baik dibanding tahun-tahun kemarin.
Kami segenap punggawa dan para abdi dalem yang menggawangi tupoksi di Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berharap pula kepada segenap kawan-kawan pengabdi ---pekerja--- pendidikan di setiap jenjang satuan pendidikan, mari kita bersama-sama untuk terus berupaya memajukan pendidikan di tempat kita tercinta ini semaksimal kemampuan yang ada pada kita dan dijiwai dengan semangat nurani yang tulus dan ikhlas sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan kita selaku khalifah fiil ardh.
Sudah saatnya kita tinggalkan dan tanggalkan segala macam bentuk ketidakbagusan laku perbuatan kita di tahun-tahun terdahulu. Kita sonsong tahun 2009 dengan semangat yang tinggi disertai tindakan nyata, sembari mengharap ridha Allah SWT, sang khaliq yang maha kasih dan sayang dengan hambanya.
Mari kita berbuat dan bekerja dengan 'nawaitu lillahi ta'ala' semata, agar berkesesuaian dengan maksud firmannya, "Wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun". Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali semata-mata untuk beribadah kepada-Ku.
Artinya adalah bahwa segenap aktivitas keseharian kita pada hakekatnya hanya melaksanakan ibadah kepada Allah. Ibadah jangan hanya dipandang dari sudut "Ibadah Sadar" yang tertentu waktunya dan hitungannya sebagimana shalat, puasa, zakat, haji, qurban, tetapi juga kita bangkitkan energi "Ibadah Bawah Sadar" kita semisal membuang duri di jalan dapat saja ibadah apalagi mengajar dan belajar, asalkan diniatkan karena Allah maka jadilah perbuatan kita itu dinamai ibadah.
Perbaharui tekad dan niat hati kita, lurus dan tulus karena Allah, agar apa saja yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dihadapan Allah, dan disenangi para penduduk langit.
Wassalam.

Jumat, 06 Maret 2009

SALUT SMPN 1 TAMBAN !!!

Salut untuk SMP Negeri 1 Tamban. Dan ini sebuah reward bagi Kepala Sekolah dan juga dewan guru serta komite sekolah di sana dari kami, khususnya Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala.

Apa gerangan yang menggelitik dan menggugah kami sehingga pantas untuk menyatakan rasa salut dan bangga secara terbuka seperti ini?

Ini tiada lain karena SMPN 1 Tamban di bawah kepemimpinan kepala sekolah yang baru telah perlahan namun pasti membawa SMPN 1 Tamban menuju realisasi sebuah sekolah yang akan benar-benar menerapkan konsep MBS.

Ini terbukti dengan beberapa terobosan yang telah dilakukan. Antara lain, sekolah dengan dukungan penuh komite baik tenaga, materiil, telah melakukan pembenahan dan pemasiran halaman sekolah yang tidak sepeserpun membebani anggaran daerah dan anggaran sekolah. Juga atas inisiatif kepala sekolah yang telah menghimpun alumnus SMPN 1 Tamban, berhasil memprogramkan pembangunan mushalla sekolah melalui sokongan dana dari para alumnus yang telah sukses di segala bidang.
Di sana juga telah ada mesin uang sekolah yang dapat diandalkan untuk menambah kocek sekolah berupa mesin photocopy. Dan di sana juga menyediakan /menyewakan, aula untuk acara hajatan perkawinan.

Artinya di sana ada kemandirian sekolah dalam hal mencari sumber-sumber dana secara sukarela dan bukan pungutan, melainkan kegotongroyongan atau gawi sabumi dari hasil musyawarah ala warung kopi dan bukan di sekolah. Di sana ada kekompakan antara kepala sekolah dgn dewan guru dan dengan komite serta orang tua murid. Di sana ada banyak gagasan dan kreatifitas plus inisiatif dari seorang kepala sekolah yang energik yang benar-benar berniat ingin memajukan sekolah. Kemudian di sana pun yang namanya transparansi telah pula mulai diterapkan, saling mempercayai antara pihak sekolah dengan komite sekolah dan orang tua murid.

Kiatnya adalah bahwa seorang leader seperti kepsek memang harus benar-benar membaur, bergaul, menyatu dengan masyarakat sekitar. Kalau sudah demikian, biasanya, apa pun yang ingin digagas oleh kepsek pastilah mendapat support penuh dari komite dan ortu murid sebagaimana yang dipraktekkan oleh kepala SMPN 1 Tamban.

Dan memamng intinya, MBS kalau mau jalan di sebuah sekolah, rumusnya tiada lain adalah pendekatan, pembauran, bersosialisasi dengan warga di lingkungan sekolah.

Semoga apa yang berlangsung di SMPN 1 Tamban cepat menular dan mewabah ke sekolah-sekolah lainnya.