Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala -- Kalsel --

BIDANG SEKOLAH MENENGAH DISDIK BARITO KUALA

MIMBAR KABID SEKMEN
Petuah Awal Tahun
As.Wr.Wb
Mengawali tahun 2009 melalui Mimbar Kabidsekmen tentunya semua kita berharap agar di dalam hari-hari menapakinya, segalanya kian bertambah baik dibanding tahun-tahun kemarin.
Kami segenap punggawa dan para abdi dalem yang menggawangi tupoksi di Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berharap pula kepada segenap kawan-kawan pengabdi ---pekerja--- pendidikan di setiap jenjang satuan pendidikan, mari kita bersama-sama untuk terus berupaya memajukan pendidikan di tempat kita tercinta ini semaksimal kemampuan yang ada pada kita dan dijiwai dengan semangat nurani yang tulus dan ikhlas sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan kita selaku khalifah fiil ardh.
Sudah saatnya kita tinggalkan dan tanggalkan segala macam bentuk ketidakbagusan laku perbuatan kita di tahun-tahun terdahulu. Kita sonsong tahun 2009 dengan semangat yang tinggi disertai tindakan nyata, sembari mengharap ridha Allah SWT, sang khaliq yang maha kasih dan sayang dengan hambanya.
Mari kita berbuat dan bekerja dengan 'nawaitu lillahi ta'ala' semata, agar berkesesuaian dengan maksud firmannya, "Wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun". Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali semata-mata untuk beribadah kepada-Ku.
Artinya adalah bahwa segenap aktivitas keseharian kita pada hakekatnya hanya melaksanakan ibadah kepada Allah. Ibadah jangan hanya dipandang dari sudut "Ibadah Sadar" yang tertentu waktunya dan hitungannya sebagimana shalat, puasa, zakat, haji, qurban, tetapi juga kita bangkitkan energi "Ibadah Bawah Sadar" kita semisal membuang duri di jalan dapat saja ibadah apalagi mengajar dan belajar, asalkan diniatkan karena Allah maka jadilah perbuatan kita itu dinamai ibadah.
Perbaharui tekad dan niat hati kita, lurus dan tulus karena Allah, agar apa saja yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dihadapan Allah, dan disenangi para penduduk langit.
Wassalam.

Kamis, 12 Februari 2009

INTERNET BAGI SEKOLAH KITA

Saat ini sekolah sebenarnya memiliki tanggung jawab yang besar dalam membawa anak didiknya memasuki era globalisasi, era kompetisi , oleh karenanya, sekolah harus menyiapkan siswa-siswinya untuk siap menghadapi semua tantangan yang berubah sangat cepat dalam masyarakat kita.

Maka dari itu, kemampuan untuk berbicara bahasa asing dan kemahiran komputer adalah dua kriteria yang sudah lazim diminta masyarakat terhadap para lulusan sekolah disaat mereka terjun ke masayarakat untuk memasuki lapangan kerja terutama disektor pemerintahan dan sector usaha swasta, lebih-lebih di lapangan kerja yang berskala nasional dan internasional. Sebab di Barito Kuala hanya sekitar 25-35 % lulusan sekolah menengah yang melanjutkan ke tingkat pendidikan lebih tinggi, oleh sebab itu maka dengan adanya komputer dan jaringannya yang telah merambah disegala bidang kehidupan manusia, tak terkecuali daerah kita Barito Kuala yang telah memiliki ICT Center sebagai server utama, hal itu membutuhkan tanggung jawab sangat tinggi dari kita semua terutama sekolah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa siswa dan kemahiran computer melalui mata pelajaran TIK.

Apalagi saat ini pemerintah pusat dan pemerintah daerah, dalam hal ini Pemprov Kalsel dan termasuk Pemerintah Kabupaten Barito Kuala telah pula memasukkan dalam program prioritas untuk membangun fasilitas komputer diseluruh sekolah-sekolah di Batola ini. Mengingat adanya jarak yang cukup jauh antara sekolah, antar kecamatan, dengan pihak dinas kabupaten dan provinsi dan juga antar kabupaten se Kalimantan Selatan, maka sepertinya Internet menjadi pilihan yang cukup baik untuk mengembangkan komunikasi antar sekolah, sekolah dengan dinas, dan seterusnya. Saat ini memang sudah ada beberapa sekolah kita yang telah mengambil inisiatif untuk membangun fasilitas mereka sendiri. Berdasarkan langkah yang sudah ada ini, semoga hal itu berkembang secara konsisten sehingga diharapkan akan memenuhi kebutuhan belajar siswa kita terhadap computer dan internet itu sendiri serta dapat pula mengembangkan kemampuan berbahasa asing siswa kita melalui situs-situs pembelajaran bahasa Inggris online tanpa berbayar atau yang berbayar. Tergantung keinginan dan emampuan.