Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala -- Kalsel --

BIDANG SEKOLAH MENENGAH DISDIK BARITO KUALA

MIMBAR KABID SEKMEN
Petuah Awal Tahun
As.Wr.Wb
Mengawali tahun 2009 melalui Mimbar Kabidsekmen tentunya semua kita berharap agar di dalam hari-hari menapakinya, segalanya kian bertambah baik dibanding tahun-tahun kemarin.
Kami segenap punggawa dan para abdi dalem yang menggawangi tupoksi di Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berharap pula kepada segenap kawan-kawan pengabdi ---pekerja--- pendidikan di setiap jenjang satuan pendidikan, mari kita bersama-sama untuk terus berupaya memajukan pendidikan di tempat kita tercinta ini semaksimal kemampuan yang ada pada kita dan dijiwai dengan semangat nurani yang tulus dan ikhlas sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan kita selaku khalifah fiil ardh.
Sudah saatnya kita tinggalkan dan tanggalkan segala macam bentuk ketidakbagusan laku perbuatan kita di tahun-tahun terdahulu. Kita sonsong tahun 2009 dengan semangat yang tinggi disertai tindakan nyata, sembari mengharap ridha Allah SWT, sang khaliq yang maha kasih dan sayang dengan hambanya.
Mari kita berbuat dan bekerja dengan 'nawaitu lillahi ta'ala' semata, agar berkesesuaian dengan maksud firmannya, "Wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun". Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali semata-mata untuk beribadah kepada-Ku.
Artinya adalah bahwa segenap aktivitas keseharian kita pada hakekatnya hanya melaksanakan ibadah kepada Allah. Ibadah jangan hanya dipandang dari sudut "Ibadah Sadar" yang tertentu waktunya dan hitungannya sebagimana shalat, puasa, zakat, haji, qurban, tetapi juga kita bangkitkan energi "Ibadah Bawah Sadar" kita semisal membuang duri di jalan dapat saja ibadah apalagi mengajar dan belajar, asalkan diniatkan karena Allah maka jadilah perbuatan kita itu dinamai ibadah.
Perbaharui tekad dan niat hati kita, lurus dan tulus karena Allah, agar apa saja yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dihadapan Allah, dan disenangi para penduduk langit.
Wassalam.

Kamis, 12 Februari 2009

PERAN PENTING INTERNET BAGI PARA GURU

Jutaan bahkan milyaran informasi yang sekarang tersedia di INTERNET dengan berbagai bentuk situs, web, BLOG , dari berbagai domain sehingga memudahkan kita semua untuk mengakses sumber-sumber informasi tanpa batas dan sedang berkembang secara cepat sekali. Bagi yang menginginkan dapat saja berkomunikasi secara one by one atau secara group yang dapat dilakukan dimana saja diseluruh tempat di seluruh dunia ini hanya dalam waktu hitungan detik atau menit saja.

Disamping kita dapat menyerap berbagai informasi, di sisi lain kita pun dapat pula menyebarkan buah pemikiran kita, pendapat kita, pandangan kita terhadap berbagai hal atau informasi yang bisa di akses oleh pihak lain melalui blog yang kita buat yang telah kita publikasikan.. Apalagi perangkat internet kita jika ditambah dengan perangkat mutaakhir membawa kita dapat berkomunikasi secara langsung face to face melalui fasilitas webcam. Kita pun bisa melakukan "chatting" melalui jaringan gratis yang sangat luas.
Dan bagi para guru atau pengajar, melalui Internet dapat semakin meningkatkan dan mengembangkan wawasan pengetahuan yang sangat berguna bagi :
- Pengembangan profesionalitas
- Sharing pengalaman/pengetahuan antar sesama guru, local maupun nasional dan bahkan internasional.
- Berbagi sumber pembelajaran dan perangkat pembelajaran sesame mata pelajaran serumpun.
- Kerjasama forum seprofesi.
- Mengakses sumber pembelajaran gratis sebagai referensi.
- Memperkaya khazanah pengetahuan, baik yang menyangkut profesi maupun pengetahuan umum lainnya.
- Memutaakhirkan metode pembelajaran dan perangkat pembelajaran.
- Membantu guru dalam hal memperoleh informasi pendidikan dengan cepat, dll.

Apalagi bagi guru bahasa, guru umum, dan guru pengetahuan social lainnya, dapat mengambil contoh atau bahan ajar di kelas dari yang diperoleh di internet. Sehingga contoh yang ditampilkan misalkan berita dan kejadian lainnya adalah up todate (terkini) sehingga tidak basi dan daluarsa.