Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Bidang Sekolah Menengah Disdik Barito Kuala -- Kalsel --

BIDANG SEKOLAH MENENGAH DISDIK BARITO KUALA

MIMBAR KABID SEKMEN
Petuah Awal Tahun
As.Wr.Wb
Mengawali tahun 2009 melalui Mimbar Kabidsekmen tentunya semua kita berharap agar di dalam hari-hari menapakinya, segalanya kian bertambah baik dibanding tahun-tahun kemarin.
Kami segenap punggawa dan para abdi dalem yang menggawangi tupoksi di Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Kuala berharap pula kepada segenap kawan-kawan pengabdi ---pekerja--- pendidikan di setiap jenjang satuan pendidikan, mari kita bersama-sama untuk terus berupaya memajukan pendidikan di tempat kita tercinta ini semaksimal kemampuan yang ada pada kita dan dijiwai dengan semangat nurani yang tulus dan ikhlas sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan kita selaku khalifah fiil ardh.
Sudah saatnya kita tinggalkan dan tanggalkan segala macam bentuk ketidakbagusan laku perbuatan kita di tahun-tahun terdahulu. Kita sonsong tahun 2009 dengan semangat yang tinggi disertai tindakan nyata, sembari mengharap ridha Allah SWT, sang khaliq yang maha kasih dan sayang dengan hambanya.
Mari kita berbuat dan bekerja dengan 'nawaitu lillahi ta'ala' semata, agar berkesesuaian dengan maksud firmannya, "Wama khalaqtul jinna wal insa illaa liya'buduun". Tidak kuciptakan jin dan manusia, kecuali semata-mata untuk beribadah kepada-Ku.
Artinya adalah bahwa segenap aktivitas keseharian kita pada hakekatnya hanya melaksanakan ibadah kepada Allah. Ibadah jangan hanya dipandang dari sudut "Ibadah Sadar" yang tertentu waktunya dan hitungannya sebagimana shalat, puasa, zakat, haji, qurban, tetapi juga kita bangkitkan energi "Ibadah Bawah Sadar" kita semisal membuang duri di jalan dapat saja ibadah apalagi mengajar dan belajar, asalkan diniatkan karena Allah maka jadilah perbuatan kita itu dinamai ibadah.
Perbaharui tekad dan niat hati kita, lurus dan tulus karena Allah, agar apa saja yang kita lakukan dapat bernilai ibadah dihadapan Allah, dan disenangi para penduduk langit.
Wassalam.

Senin, 09 Februari 2009

TIPS JITU SUPAYA LULUS UJIAN NASIONAL

Untuk membantu para siswa-siswi SMP/MTs, SMA/MA, SMK yang saat ini duduk di kelas 3 supaya berhasil lulus Ujian Nasional, maka perlu kiranya dibekali dengan yang namanya TIPS, TRIK, RESEP, PETUAH , WEJANGAN atau apalah namanya yang sejenis dengan itu dari kita-kita para guru, orang tua, keluarga dalam membimbing mereka menghadapi UNAS 2009 ini.
Jangan sampai mereka dibiarkan mencari-cari sendiri dalam ketidakjelasan tentang cara-cara pintas untuk lulus ujian. Apalagi kalau berharap dan mengandalkan bocoran soal ujian supaya bisa lulus. Jangan harap hal itu terjadi. Karena dokumen soal ujian nasional sangat ketat kerahasiaannya. Agak mustahil hal itu diharapkan.

Oleh karena itu, di blog ini kami berikan TIPS, atau RESEP yang pasti kebenarannya dan tidak dipungkiri lagi kesahihannya bahwa kalau mau "Lulus Ujian Nasional" bagi siswa-siswi SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK, dimana pun kalian berada, khususnya yang tinggal di Kabupaten Barito Kuala-Kalsel dalam menghadapi Ujian Nasional 2009 nanti adalah :

1. Rajin Melaksanakan Ikhtiar Bathin;

a. Artinya; sejak sekarang para siswa harus rajin ibadah, jangan tinggalkan sholat lima waktu, sholat tahajud, sering-sering berdo'ar kepada tuhan, rajin bersedekah, dan apabila saat ujian tinggal satu dua hari lagi, jangan lupa sholat hajat. yang dilaksanakan berkali-kali. Mintalah petunjuk, bimbingan, pertolongan kepada Allah dengan tulus ikhlas dan berserah diri kepadanya supaya diberikan atau diilhami penguatan daya ingat, dibuka pikiran dan hati dalam memahami pelajaran, Insya Allah terkabul hajatnya.

b. Sering-sering mewiridkan "Hasbunallahu Wani'mal Wakil" atau dapat pula dilengkapi dengan "Laa Hauwla Wala Quwwata Illa Billahil 'Aliyyil 'Aziim" setiap hari sebanyak-banyaknya.

c. Banyak-banyak membaca sholawat kepada nabi, lebih-lebih di saat menjawab butir- demi butir soal, Insya Allah diberi kemudahan dalam menjawab dan diilhami dengan munculnya ingatan, hapalan, dan pemahaman.

d. Disaat mau berangkat ujian/ke sekolah wajib berpamitan kepada Ibu-Bapa, Cium tangan beliau-beliau, plus minta do'a restu kepada mereka.

2. Melakukan ikhtiar Lahir;

a. Rajin dan giat belajar; baik dalam bentuk membaca buku secara mandiri di rumah, minta bantuan orang tua, atau belajar berkelompok dengan teman.

b. Sering-sering latihan menjawab soal-soal, baik itu soal ujian tahun lalu maupun soal-soal try aout yang dibuat oleh banyak perguruan tinggi untuk latihan siswa.

c. Memahami standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap materi pelajaran. Kalau tidak tahu atau tidak mengerti, tanyakan kepada guru mengenai standar kompetensi dan kompetensi dasar dari setiap materi pelajaran, supaya buku yang dipelajari, di telaah, ttemanya epat sasaran dengan soal-soal ujian.

Nah, sekiranya siswa-siswi semua melaksanakan, menerapkan, petuah di atas Insya Allah ujiannya berhasil. Tapi ingat, sayaratnya harus tulus dan ikhlasnya dalam mengamalkan resep ini., jangan sampai lupa itu, Sebab kalau hatinya terpaksa, atau niatnya bercampur dengan hal lain, maka sia-sia lah resep sebagaimana point satu di atas.

Selamat berjuang, moga sukses !!! (admin)